Skip to Content

Iwan Soekri Sang Penyair Selamat Jalan

Foto Soei Rusli

Iwan Soekri dan karyanya Sutan Iwan Soekri Munaf alias drs Sutan Roedy Irawan Syafrullah, lahir di Medan, 4 Desember 1957. Tulisan perdananya dimuat di ruang anak Harian Kompas edisi 3 Juli 1971, bertepatan dengan PEMILU ke 2 di republik ini. Kemudian sajaknya dipublikasikan di Koran Bandung, Pikiran Rakyat, Harian Mandala, Harian Gala dan Harian Bandung Pos. Juga dimuat di Harian Haluan, Harian Singgalang dan Harian Semangat yang terbut di Padang. Tulusannya dimuat juga di Aceh Pos, Peristiwa, Harian Analisa, Surabaya Pos, Bali Pos, Suara Karya, Yudha Minggu, Sport Dan Film, Sinar Harapan, Suara Pembaruan, Media Indonesia, Republika, Berita Buana. Cerpennya dimuat juga di Majalah Q, Zaman, Hai, Puteri Indonesia, Gadis, Kartini dan Anita Cemerlang. Tentu saja, karyanya pernah dimuat di majalah Horison. Kumpulan puisinya berjudul Obsesi, diterbitkan PT Angkasa, Bandung, 1985. Juga sejumlah antologi puisi bersama di Bandung, Jakarta, Padang, Aceh. Kumpulan cerita bersama Adi Hidayat dan Zulfa Basir berjudul Tiga Menakbir Mimpi, riwayat hidup Marzuki Usman, diterbitkan Balai Pustaka, 1999. Beberapa novel anak-anak telah terbit. Novel Rahasia Seorang Kawan telah dijadikan cerita bersambung di Sinar Harapan edisi Desember 2003 s/d Januari 2004. Juga novel Solar Palsu jadi cerita bersambung di Sinar Harapan edisi Desember 2005 s/d Peb 2006. Pada 1981 diundang GAPENA mengikuti Pertemuan Sastrawan Nusantara dan Hari Puisi di Kem Kijang, Kota Bahru, Kelantan, Malaysia. Pada 1999, mengikuti Pertemuan Sastrawan Nusantara di Johor Bahru, Malaysia. Pada 1987 diundang Dewan Kesenian Jakarta keTIM pada Pertemuan Penyair. Pada Agustus 2003 s/d September 2003, diundang secara pribadi ole seorang kawannya untuk menulis di Milhac de Aubroche, sebuah kota kecil di Prancis. September 2007 berhasil menjadi juara 1 sayembara penulisan esai sastra yang dimuat di Koran lokal se Sumatera Selatan. Pernah menjadi wartawan Harian Gala (1985) di Bandung, Harian Pagi Priorotas (1986-1987) di perwakilan Bandung, Harian Terbit (1988) perwakilan di Bandung, Harian Bisnis Indonesia (1989 Jan-Peb), Harian Media Indonesia (1989), SKM Atjeh Post dan SKM Peristiwa (1989-1990), Majalah anita Cemerlang (1990-1992), Harian Ekonomi Neraca (1992-1994), Harian Analisa (1994-1997) perwakilan di Jakarta, Harian Jakarta (2003-2004), Harian Peta News (2004). Aktivis Yayasan MultiMedia Sastra (YMS), yaitu LSM dunia maya untuk sastra. Kini tinggal di Prabumulih, Sumatera Selatan.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler