Skip to Content

Jawa Tengah

Festival Teater 2019 Digelar di Semarang, 25 Kelompok Unjuk Kebolehan

Sebanyak 25 kelompok teater se-Jawa Tengah (Jateng) unjuk kebolehan dalam ajang Festival Teater 2019 yang digelar di Gedung Radio Republik Indonesia (RRI), Kota Semarang, Kamis-Sabtu (24-26/10/2019).

Ajang yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng ini turut disaksikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Tiga Hari Perayaan Hari Teater Dunia 2017 di Solo

International Theatre Institute (ITI) bersama komunitas teater lintas negara mendeklarasikan Hari Teater Dunia pada 27 Maret 1961. Di Indonesia, perayaan Hari Teater Sedunia itu mulanya berlangsung di Solo, Jawa Tengah sejak tiga tahun lalu.

Nguri-uri Budaya lewat Menulis Aksara Jawa Terpanjang

Tak kurang dari 500 peserta meramaikan pemecahan rekor Muri menulis aksara Jawa terpanjang yang digelar di Solo Paragon Mall, kemarin. Dalam kegiatan yang digelar mulai pukul 10.00 hingga 16.00 tersebut berhasil menyelesaikan tulisan sepanjang 500 meter.

Hidupkan Sastra di Temanggung, Guru Harus Paham Sastra

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, Darmadi mengatakan, ada banyak cara untuk menghidupkan sastra di Temanggung. Salah satunya bisa dimulai dari para guru yang harus paham sastra terlebih dahulu.  Sehingga siswa-siswinya pun akan memiliki ketertarikan.

Penerbitan Sastra Jawa di Ambang Kepunahan

Penerbitan sastra Jawa di ambang kepunahan. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Pardi Suratno mengemukakan, saat ini hampir tak ada lagi penerbitan sastra Jawa, akibat kekurangmampuan mengelola khasanah budaya warisan leluhur tersebut.

BWCF 2016 Akan Rintis Berdirinya Asosiasi Penulis Profesional

Selama empat hari penyelenggaraan Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) 2016, ada beberapa agenda utama yang menarik. Salah satunya adalah Musyawarah Penerbit-Penulis bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di hari kedua BWCF di The Heritage Convention Center, Plataran Borobudur Resort and Spa, Magelang.

Borobudur Writers and Cultural Festival 2016 Usung Tema tentang Serat Centhini

Borobudur Writers and Cultural Festival atau disingkat BWCF kembali diselenggarakan tahun ini. Tak lagi berlangsung di bulan November, tapi BWCF digelar pada 5-8 Oktober mendatang di beberapa tempat di kota Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah.

Agenda Menarik di Borobudur Writers and Cultural Festival 2016

Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) 2016 segera berlangsung awal Oktober mendatang. Sekitar 300 peserta mulai dari budayawan, sejarawan, seniman, filolog hingga publik akan berpartisipasi meramaikan hajat tahunan tersebut.

Guru Benteng Pembinaan Sastra

Guru Bahasa Indonesia menjadi benteng terakhir untuk pengembangan dan pembinaan sastra, khususnya karya puisi. Guru Bahasa Indonesia tidak hanya berperan mencetak siswanya menjadi sastrawan. Namun penting pula untuk membangkitkan motivasi mereka agar gemar membaca karya-karya sastra.

11 Tokoh Terima Penghargaan Prasidatama

Setiap tahun Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada mereka yang berjasa membawa nama provinsi ini di dunia bahasa dan sastra. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Pardi MHum menyatakan, pemberian penghargaan Prasidatama ini diberikan sejak 2013 lalu kepada tokoh, penggiat dan media yang memiliki perhatian besar kepada bahasa dan sastra Indonesia maupun Jawa.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler