Skip to Content

Penghargaan

Mendikbud Beri Penghargaan kepada 13 Pegiat Bahasa Indonesia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan penghargaan kepada 13 orang pegiat Bahasa Indonesia saat Kongres Bahasa Indonesia (KBI) ke-XI. Penghargaan yang diberikan terdiri dari tiga kategori yakni Sastra, Tokoh Kebahasaan dan Kesastraan, serta Duta Bahasa Tingkat Nasional 2018.

Eka Kurniawan Raih Penghargaan Sastra dari Kemendikbud

Penulis Eka Kurniawan kembali menuai prestasi. Ia meraih penghargaan sastra tahun ini dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018. Informasi tersebut diungkapkan oleh akun bidang sastra di penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Inilah Peraih Penghargaan Sastera Rancagé 2018

Memasuki tahun ke 28 Yayasan Kebudayaan Rancage kembali memberikan hadiah kepada para penulis sastra berbahasa ibu (bahasa daerah). Hadiah Sastera Rancagé 2018 untuk Sastera Sunda diraih Nazarudin Azhar untuk karyanya “Miang “ dan Hadiah Samsudi diraih Tetti Hodijah untuk karyanya “Ulin ka Monumen”.

Dewan Kesenian Jakarta Umumkan 7 Pemenang Sayembara Kritik Sastra

Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan Sayembara Kritik Sastra. Sayembara yang dibuka pada Maret, berhasil mengumpulkan 93 naskah dari seluruh penjuru Tanah Air.

Ahmadun Yosi Herfanda Umumkan 23 Nomine Anugerah Sastra Litera

Sastrawan Ahmadun Yosi Herfanda mengatakan sebanyak 23 sastrawan Indonesia yang terdiri dari penyair dan cerpenis berpeluang untuk meraih Anugerah Sastra Litera 2017 -- karya mereka pernah dimuat di portal sastra Litera yang beralamat di litera.co.id.

Andrea Hirata Mendapat Penghargaan dari Pemerintah Prancis

Kedutaan Besar Prancis di Indonesia menganugerahkan Trofi Alumni kepada 5 tokoh Indonesia yang pernah belajar di Prancis dan berprestasi dalam karier, juga berkontribusi dalam kerjasama Indonesia-Prancis. Penghargaan itu diberikan pada 26 Maret lalu di Jakarta.

Udo Z Karzi Raih Penghargaan Rancage 2017

Roman biografis bertajuk "Negarabatin" karya Udo Z Karzi berhasil meraih penghargaan Rancage 2017 bersama karya sastra daerah lainnya dari Yayasan Kebudayaan Rancage.

Sastrawan Lampung yang punya nama asli Zulkarnain Zubairi membenarkan jika ia telah meraih hadiah sastra "Rancage 2017" untuk karyanya.

Berjasa di Dunia Teater, Dua Dramawan Raih Penghargaan

Dramawan senior Akhudiat serta Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi meraih penghargaan Federasi Teater Indonesia (FTI) Award 2015. Dewan juri FTI 2015 memilih Akhudiat sebagai orang yang layak untuk dianugerahi Tokoh FTI 2015 karena jasa-jasanya bagi dunia teater Indonesia.

11 Tokoh Terima Penghargaan Prasidatama

Setiap tahun Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada mereka yang berjasa membawa nama provinsi ini di dunia bahasa dan sastra. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Pardi MHum menyatakan, pemberian penghargaan Prasidatama ini diberikan sejak 2013 lalu kepada tokoh, penggiat dan media yang memiliki perhatian besar kepada bahasa dan sastra Indonesia maupun Jawa.

Majelis Sastra Bandung Raih Anugrah Kawistara

Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat memberikan "Anugerah Kawistara" sebuah penghargaan bahasa dan sastra Indonesia dan daerah di Jawa Barat di Hotel Horison Jln. Pelajar Pejuang, Senin (27/10/2014).

Salah satu penerima penghargaan yaitu Majelis Sastra Bandung (MSB) sebagai Komunitas sastra yang telah mengembangkan pembinaan bahasa dan sastra di Jabar.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler