Skip to Content

semarang

Festival Teater 2019 Digelar di Semarang, 25 Kelompok Unjuk Kebolehan

Sebanyak 25 kelompok teater se-Jawa Tengah (Jateng) unjuk kebolehan dalam ajang Festival Teater 2019 yang digelar di Gedung Radio Republik Indonesia (RRI), Kota Semarang, Kamis-Sabtu (24-26/10/2019).

Ajang yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng ini turut disaksikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Penerbitan Sastra Jawa di Ambang Kepunahan

Penerbitan sastra Jawa di ambang kepunahan. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Pardi Suratno mengemukakan, saat ini hampir tak ada lagi penerbitan sastra Jawa, akibat kekurangmampuan mengelola khasanah budaya warisan leluhur tersebut.

11 Tokoh Terima Penghargaan Prasidatama

Setiap tahun Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada mereka yang berjasa membawa nama provinsi ini di dunia bahasa dan sastra. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Pardi MHum menyatakan, pemberian penghargaan Prasidatama ini diberikan sejak 2013 lalu kepada tokoh, penggiat dan media yang memiliki perhatian besar kepada bahasa dan sastra Indonesia maupun Jawa.

Festival Sastra Indonesia: Balai Bahasa Jawa Tengah Olah Tema Nasionalisme

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Festival Sastra Indonesia 2014 di Teater Arena Taman Budaya Tegal, Kamis (16/10/2014) mendatang. Menginjak tahun ketiga, festival tahunan tersebut bakal mengusung tema Kobarkan Nasionalisme dengan Sastra.

LPM IDEA Semarang dan CenSa Gelar Pelatihan Jurnalisme Sastra

Jurnalisme sastra merupakan genre jurnalistik baru di Indonesia dibanding di Amerika yang sudah lebih lama menggunakannya. Jurnalisme ini sebuah liputan yang disajikan secara mendalam dengan gaya bahasa memikat dan mengalir.

Durasi Mapel Bahasa Jawa Memungkinkan Lebih Dua Jam

Sekolah atau satuan pendidikan diperbolehkan  menambah durasi mata pelajaran (mapel) Bahasa Jawa bila dirasakan masih kurang. Durasi pelajaran bahasa daerah bisa ditambah kebih dari dua jam jika sangat diperlukan dalam sepekan. 

99 PSK Gambilangu Main Teater

Resosialisasi Rowosari atau lebih dikenal dengan Gambilangu (JBL) nampak sepi pada Rabu (19/12) malam. Wanita-wanita berbusana seksi dan lalu lalang pria memang masih terlihat. Tapi musik dangdut dari rumah karaoke yang biasanya riuh, hampir tak terdengar.

Serat Sastra Gending Kental Bahasa Simbolik

Alunan tembang Kebo Giro dari karawitan Panembrama Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang mengiringi kelulusan Zaenudin Bukhori meraih predikat Doktor Studi Islam dari Program Doktor di kampus tersebut, Kamis (8/11).

Pakar: RSBI Membuat Bahasa Indonesia Kalah Gengsi

Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) yang lebih condong menggunakan bahasa Inggris turut membuat bahasa Indonesia kalah gengsi, kata pakar sosiolinguistik Prof Fathur Rokhman.

Pelajaran Sastra, Kuncinya Kualitas Guru

Keberhasilan pembelajaran sastra di sekolah sangat bergantung kepada kualitas guru dalam mengajarkan sastra secara baik kepada peserta didiknya. Tidak hanya mengajarkan sastra secara teoritis guru juga dituntut mempraktikkan cara dan teknik bersastra secara baik.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler